Cara Membuat Yoghurt

Welcome To SolusiFunny



Yoghurt merupakan salah satu olahan susu yang diproses melalui proses fermentasi dengan penambahan kultur organisme yang baik, salah satunya yaitu bakteri asam laktat. Di pasaran yoghurt terbagi dalam dua jenis, yang pertama adalah yoghurt plain yaitu yoghurt tanpa rasa tambahan dan yang kedua adalah drink yoghurt yaitu yoghurt plain yang oleh produsen telah ditambahkan perasa tambahan buah-buahan seperti rasa strawberry, jeruk ataupun leci .

Kelebihan Yoghurt :
Bila di nilai dari kandungan gizinya, yoghurt tidaklah kalah dengan  susu pada umumnya. Hal ini karena bahan dasar yoghurt adalah susu, bahkan ada beberapa kelebihan yoghurt yang tidak dimiliki oleh susu murni yaitu :
Sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sensitif dengan susu (yang ditandai dengan diare) karena laktosa yang terkandung pada susu biasa sudah disederhanakan dalam proses fermentasi  yoghurt.
Bila dikonsumsi secara rutin bahkan mampu menghambat kadar kolestrol dalam darah karena yoghurt mengandung bakteri lactobasillus. Lactobasillus berfungsi menghambat pembentukan kolestrol dalam darah kita yang berasal dari makanan yang kita makan seperti jeroan atau daging.
Meningkatkan daya tahan tubuh kita karena yoghurt mengandung banyak bakteri baik sehingga secara otomatis dapat menyeimbangkan bakteri jahat yang terdapat dalam susu kita.
  • CARA PEMBUATAN YOGHURT

Yoghurt merupakan pangan fungsional berupa susu fermentasi/susu probiotik. Bahan dasar pada pembuatan yoghurt berupa susu cair tawar/susu murni, baik berupa susu sapi, kambing, dan kerbau. Yoghurt yang beredar di pasaran berupa yoghurt tawar (plain), atau sudah diberi citarasa dan aroma tertentu (biasanya buah-buahan); berbentuk cair/minuman (yoghurt drink) atau pasta/semi-padat (yoghurt) dengan berbagai merk.
Walaupun terlihat sulit, pembuatan yoghurt sebenarnya sangat sederhana. Alat-alat yang kita butuhkan tidaklah terlalu rumit, seperti panci berukuran kira-kira 40 cm, sendok pengaduk, toples kaca dengan tutup. Semua peralatan ini dapat diperoleh dengan mudah dipasar-pasar atau pusat pembelanjaan seperti Carrefour. Bahan utama yang dibutuhkan untuk pembuatan yoghurt hanyalah susu. Susu ini dapat berupa susu cair langsung tetapi yang perlu diperhatikan susu yang digunakan harus susu putih.
Kita dapat membuat yoghurt sendiri di rumah, karena peralatan yang digunakan sederhana, tahapannya mudah/tidak rumit. Cara pembuatan yoghurt adalah sebagai berikut :
1. Peralatan :
    - Dandang untuk mengukus (untuk tim/kukus)/pasteurisasi
    - Panci yang bisa masuk ke dalam dandang (dengan tutup)
    - Panci berisi air dingin untuk mendinginkan panci berisi susu
    - Botol gelas/kaca dengan tutup (glass jar) volume sekitar 1/2 lt
    - Sendok
    - Pengaduk plastik/kayu
    - Cup es krim kecil untuk menakar yoghurt plain atau wadah plastik kecil untuk menyimpan yoghurt
    - Timbangan
    - Saringan
    - Kompor
    - Kotak kardus atau kotak styrofoam untuk inkubator
    - Almari pendingin/kulkas atau freezer
2. Bahan :
    - Susu cair tawar (susu segar, UHT, pasteurisasi) = 1 liter
    - Gula pasir putih = 100 g
    - Susu bubuk (lebih baik susu skim) = 50-100 g
    - Yoghurt tawar (yoghurt plain) bisa dibeli di super market
    - Essen atau pasta = secukupnya untuk flavor-aroma
    - Sirop atau madu untuk perasa
3. Cara pembuatan yoghurt :
    a. Sterilisasi botol
        - Isi dandang dengan air secukupnya, pasang angsang/penyekat, didihkan.
        - Setelah mendidih, masukkan botol dalam posisi mulut di bawah, sehingga uap air panas dapat masuk ke dalamnya, biarkan 10-15 menit.
        - Angkat botol, tutup, tiriskan dalam posisi mulut di bawah di tempat yang bersih
    b. Pasteurisasi susu
       - Masukkan susu cair dalam panci.
       - Tambah air dalam dandang sehingga dapat merendam sebagian panci berisi susu.
       - Masukkan panci berisi susu ke dalam dandang, aduk-aduk sampai timbul gelembung-gelembung kecil (bila diukur dengan termometer suhu sekitar 80 derajat celcius), kecilkan api kompor.
       - Masukkan gula dan susu bubuk ke dalam panci lain; larutkan dengan sebagian susu panas, aduk sampai larut; kemudian masukkan/campur ke dalam susu panas.
       - Saring adonan; masukkan kembali ke dalam panci.
       - Aduk-aduk sebentar, kemudian matikan kompor; kemudian panci berisi adonan ditutup.
       - Dinginkan adonan dengan cara merendam panci dalam air dingin, tunggu sampai hangat-hangat kuku (apabila diukur dengan termometer suhunya sekitar 40 derajat celcius)
       - Siapkan yoghurt plain sebanyak 1 cup kecil es krim (isi sekitar 100 ml)
       - Campur yoghurt plain ke dalam adonan susu, aduk rata.
       - Masukkan campuran ke dalam botol-botol gelas, tutup rapat-rapat
      c. fermentasi/inkubasi susu :
      - fermentasi/Inkubasikan campuran pada suhu kamar (di tempat yang aman dan teduh) selama 2 hari atau masukkan dalam inkubator selama 6-24 jam
       - Yoghurt pasta siap dikonsumsi tawar atau dicampur dengan sirop/madu atau irisan buah-buahan
       - Bisa dimasukkan dalam cup es krim atau wadah plastik kecil, dinginkan/simpan di dalam kulkas atau bekukan dalam freezer inkubasi
4. Cara pembuatan inkubator :
      - Inkubator kotak kardus : tutup kardus dipasangi lampu 5 watt sebanyak 2 buah; masukkan botol-botol ke dalam kotak kardus, tutup kardus, nyalakan lampu hingga suhu di dalam kardus menjadi hangat.
     - Inkubator kotak styrofoam/kotak busa putih : isi kotak dengan air hangat, rendam botol di dalam air hangat; tutup kotak, sehingga suhu di dalamnya hangat.
Kebersihan merupakan hal yang harus sangat kita perhatikan, sehingga sebaiknya semua alat yang digunakan direbus terlebih dahulu dalam air mendidih selama 5-10 menit. Apabila kebersihan tidak dijaga dapat mengakibatkan yoghurt tidak jadi, dengan ciri-ciri tidak berasam walaupun berbentuk solid, di permukaan solid ditumbuhi jamur yang berbentuk bintik-bintik hitam dan berbau asam yang sangat tajam.
Untuk yoghurt yang kita buat sendiri sebaiknya paling lama  penyimpanannya selama 1 minggu.
Selain masalah kebersihan, masalah penyimpanan yoghurt juga perlu untuk diperhatikan.
Ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu :
1.      Yoghurt tidak boleh terkena sinar matahari.
2.      Tidak boleh ditaruh dalam suhu ruangan, harus disimpan dalam suhu dingin/kulkas tetapi juga tidak boleh diletakkan dalam freezer. Yoghurt tidak boleh disimpan dalam freezer karena bahan dasar yoghurt yang berupa susu dapat pecah dan justru itu akan merusak yoghurt.
Tips Memilih Yogurt
Bila anda tidak sempat membuat dan ingin membeli yogurt di pasaran maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
1.      Pilihlah yoghurt yang kental.
2.      Pilihlah yoghurt yang disimpan di suhu dingin jangan yang di luar karena biasanya sudah disterilkan lagi sehingga mikroorganismenya sudah tidak ada.
3.      Dicermati labelnya yang plain yoghurt atau yang drink yoghurt disesuaikan dengan kebutuhan kita.
4.      Dicermati tanggal kadaluarsanya.
Catatan :
- Apabila diinginkan yoghurt cair/minuman yoghurt : tanpa penambahan susu bubuk (hanya susu cair)
- Apabila diinginkan yoghurt bercitarasa : tambahkan essens setelah adonan selesai di pasteurisasi (sebelum memasukkan yoghurt plain)
- Apabila menginginkan yoghurt berasa manis, tambahkan gula, sirup atau madu setelah yoghurt jadi (setelah proses inkubasi/fermentasi selesai)


Thank You for Visiting SolusiFunny
Signed By
Photobucket


Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca tentang Cara Membuat Yoghurt dan anda bisa menemukan artikel Cara Membuat Yoghurt ini dengan url http://solusifunny.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-yoghurt.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Membuat Yoghurt ini sangat bermanfaat bagi Anda atau siapapun yang Anda kehendaki, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara Membuat Yoghurt sebagai sumbernya.

Artikel Yang Sejenis

Comments
1 Comments

1 komentar:

thanks ya informasinya semoga banyak yg berkunjung ya


Silakan Komentar sepuasnya boleh kritik, saran, just kid, atau bad report, atau yang lainnya...

Tapi Ingat !!

Komentar tolong yang sopan dan tidak berbau SARA yach !

^_^

Posting Komentar