Manfaat Yoghurt



Welcome To SolusiFunny



Pamornya tak pernah pudar sejak ribuan tahun lalu. Bahkan, semakin digandrungi. Manfaatnya memang tidak seasam rasanya.
Teksturnya lembut. Rasanya manis-manis asam. Itulah yogurt, minuman dari susu yang diasamkan dan dipercaya memiliki banyak manfaat. Konon, yogurt ditemukan 10.000 tahun 5M di Timur Tengah. Seorang penduduk tanpa sengaja menyimpan susu yang baru diperah ke dalam kantung kulit Suhu udara padang pasir yang panas, ditambah ternpat penyimpanan yang kurang higienis, merupakan area ideal bagi bakteri untuk tumbuh alami. Akhirnya, terbentuklah susu asam, tetapi tidak basi.
Minuman berasa unik ini akhirnya malah disukai dan menyebar hingga ke Eropa Barat, Dari sanalah mulai timbul ’kecurigaan’ bahwa selain rasanya yang enak, yogurt juga berefek positif bagi kesehatan. Bahkan, orang Prancis menyebut yogurt ’the milk of eternal life.’
Pembuatan yoghurt dimulai dengan proses fermentasi oleh bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophiles. Kedua macam bakteri tersebut berfungsi untuk mengubah laktosa jadi asam laktat dan membuat Yoghurt memiliki rasa asam. Dengan adanya proses fermentasi, kadar laktosa yang ada pada yoghurt dapat dikurangi hingga aman untuk dikonsumsi baik oleh para kaum lansia maupun orang yang memiliki alergi dengan susu, sehingga mereka juga dapat merasakan manfaat yoghurt.
Yoghurt telah dikenal dan dikonsumsi sejak 4,5 abad yang lalu. Saat ini olahan susu ini sudah menjadi makanan bernutrisi yang dikenal orang di seluruh dunia, Manfaat yogurt sangat baik untuk kesehatan karena mengandung kalsium tinggi, proten, vitamin B6, vitamin B12, dan riboflavin.
  • Macam-macam Yogurt

Tergantung pada metode pembuatannya, yogurt dapat dikategorikan:
- strained, yaitu dibuat dengan cara mengangkat air dadih dari susu
- set yoghurt, teksturnya lembut dan mampu dimasukkan ke boks karton
- stirred, yaitu yogurt yang diaduk dan ditambahkan jus atau potongan buah
  • Berdasarkan kandungan lemaknya, yogurt dikategorikan:

- penuh lemak (6% -10% lemak)
- lemak sedang (3% - 5% lemak)
- rendah lemak (1% - 3% lemak)
- skimmed (0% lemak)
Yoghurt merupakan suatu produk hasil olahan susu dengan bakteri fermentasi susu. Penting bagi kita untuk memahami tentang manfaat yoghurt. Yoghurt memiliki aroma dan tekstur khas dari hasil fermentasi bakteri laktosa yang menghasilkan asam laktat.
Pada umumnya, bahan dasar untuk membuat Yogurt adalah susu sapi, tapi saat ini sudah ada beberapa macam Yoghurt yang menggunakan bahan dasar susu kedelai.
  • Manfaat Sehat Yogurt
Kandungan bakteri baik di dalam yogurt bukan cuma menguntungkan pencernaan tapi juga bisa melangsingkan hingga mempercantik kulit. Simak apa saja yang ditawarkan yogurt untuk kesehatan kita.
1. Mencerahkan kulit
Yogurt merupakan salah satu bahan alami di dalam kulkas yang bisa kita pakai untuk merawat wajah. "Yogurt mengandung asam laktat, komponen yang juga sering dipakai dalam produk peeling kimia," kata ahli dermatologi Hema Sundaram.
Masker yogurt bisa dipakai untuk mengelupas lapisan atas epidermis secara lembut. Bila dilakukan secara teratur kulit akan terhindar dari jerawat, vlek hitam, bahkan mencegah jerawat. Untuk hasil terbaik, campurkan 1 cangkir yogurt dengan 2-3 tetes minyak zaitun lalu usapkan di wajah. Biarkan 20 menit lalu bilas.
2. Pembersih ramah lingkungan
Jadikan barang-barang logam Anda lebih bersinar dengan yogurt. Kandungan asam laktat dalam yogurt cukup efektif menghilangkan noda.
3. Menyehatkan pencernaan
Bakteri baik dalam yogurt meningkatkan gerak peristaltik sistem pencernaan dengan merangsang produksi mucins yang memisahkan nutrisi untuk perbaikan jaringan. Bakteri di usus membantu produksi vitamin B untuk meningkatkan efisiensi sistem saraf.
Probiotik dalam yogurt juga memperbaiki keseimbangan flora ramah di daerah urogenital, mengurangi risiko infeksi kandung kemih atau vagina. Namun probiotik alami mudah rusak oleh faktor-faktor seperti pola makan yang buruk, stres, alkohol, fluktuasi hormon, rokok, operasi dan obat-obatan.
Probiotik (bakteri baik) di dalam yogurt telah terbukti akan menyehatkan mikroflora di dalam usus. Untuk mendapatkan manfaat sehat probiotik, pastikan produk yogurt favorit Anda mengandung sedikitnya satu juta koloni forming units (CFUs) bakteri hidup.
4. Mencegah hipertensi
Alasan sehat lainnya untuk rutin mengonsumsi yogurt adalah mencegah penyakit jantung. Protein spesial di dalam yogurt serta kandungan kalsium, magnesium, dan potasium-nya bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi.
5. Mengikis lemak
Mengganti beberapa makanan dengan yogurt dapat membantu merampmgkan lingkar pinggang pendenta obesitas, dibanding hanya mengurangi kalori. Begitulah hasil penelitian yang dilakukan para ahli dan University of Tennessee, di Knoxville, Amerika Serikat. Pendenta obesitas yang Selama 12 minggu mengurangi kalori dari makanan dan mengkonsumsi yogurt tiga kali sehari, temyata mengalami penurunan kadar lemak di daerah perut lebih banyak dibanding yang tidak minum yogurt Selain kadar lemak 61% berkurang lebih banyak, tubuh mereka juga terlihat lebih kencang. Jaringan otot para peminum yogurt lebih besar dibanding mereka yang tidak minum yogurt.
6. Yoghurt mampu mengatasi diare.
7. Yoghurt bermanfaat untuk mencegah infeksi vagina dengan menghambat perkembangan jamur, karena yoghurt mampu mengurangi tingkat keasaman (pH).
8. Yoghurt dapat mencegah resiko terserang darah tinggi.
9.Yoghurt dapat mencegah penyakit osteoporosis karena memiliki kandungan vitamin D dan kalsium.
10. Yoghurt mengandung berbagai zat yang bergizi yang sangat berguna untuk mencegah kanker.
11. Menghilangkan napas tak sedap
Bau badan dan bau mulut umumnya disebabkan bakteri buruk di gigi, gusi tidak sehat, pencernaan yang buruk, dan bakteri helicobacter pylori penyebab maag. Tidak seimbangnya bakteri patogen dengan bakteri baik membuat tubuh mengeluarkan bau tidak sedap.
Untuk mengurangi aroma tak sedap, asup suplemen probiotik atau probiotik hidup secara teratur. Selain menjaga kebersihan rongga mulut, asupan probiotik secara rutin membantu mengurangi risiko kerusakan gigi, infeksi jaringan mulut, dan usus.
12. Mengatasi sembelit
Kesulitan membuang air besar bisa mengindikasikan keseimbangan bakteri usus terganggu, karena jumlah bakteri jahat lebih banyak daripada bakteri baik. Makan serat dalam jumlah cukup seperti buah-buahan, sereal, biji dan kacang-kacangan, air putih membuat usus lebih mudah mendorong kotoran keluar.
Suplemen probiotik seperti yogurt setiap hari selama satu bulan membantu mengatasi sembelit. Agar usus bekerja dengan baik, ulangi program diet sarapan dengan yogurt selama sebulan tiap beberapa bulan.
13. Mengobati alergi
Orang dengan alergi seperti asma, eksim dan alergi udara memiliki tingkat bakteri baik yang lebih rendah di usus. Solusinya, minum probitik susu fermentasi untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Suplemen atau asupan probiotik selama 12-16 minggu mengurangi gejala alergi.
14. Mencegah pilek dan flu
Studi menunjukkan orang yang rutin mengonsumsi probiotik seperti yogurt lebih jarang terkena flu dan infeksi, dibandingkan orang yang jarang mengomsumsinya. Probiotik adalah sistem kekebalan tubuh yang meningkatkan resistensi terhadap infeksi dengan memproduksi antibiotik.
15. Lebih mudah dicerna dibanding susu
Sebagian orang ada yang tidak bisa menoleransi susu, entah itu karena alergi protein atau intoleransi laktosa.  Buat mereka, yogurt adalah pilihan terbaik karena proses kulturasi membuat yogurt lebih baik dari susu. Enzim-enzim bakteri yang diciptakan yogurt, sebagian mencerna kasein protein susu sehingga lebih mudah untuk menyerap dan lebih sedikit menimbulkan alergi.
16. Kontribusi yogurt untuk kesehatan usus besar
Ada istilah medis yang menyatakan “Anda sehat kalau usus besar Anda sehat”. Ketika makan yogurt, berarti Anda sudah peduli dengan usus besar karena dalam yogurt terdapat Lactobacteria dan bakteri sehat lainnya yang membuat usus besar sehat. Selain itu, yogurt mampu menurunkan resiko kanker usus besar.
Lactobacteria, terutama acidophilus, mendorong pertumbuhan bakteri sehat dalam usus dan mengurangi konversi empedu menjadi asam empedu karsinogenik. Pada dasarnya, bakteri bersahabat dalam yoghurt, menonaktifkan zat berbahaya (seperti nitrat dan nitrit yang dikonversi ke nitrosamin) sebelum menjadi karsinogenik.
Yoghurt juga kaya akan kalsium – mineral yang memberikan kontribusi untuk kesehatan usus besar dan menurunkan risiko kanker usus besar. Kalsium menghambat pertumbuhan berlebih dari sel-sel lapisan usus besar yang dapat menempatkan seseorang pada risiko tinggi kanker usus besar. Kalsium juga mengikat kanker dalam memproduksi asam empedu dan menjaga mereka dari iritasi dinding usus besar.
17. Meningkatkan ketersediaan nutrisi lain
Kulturasi yoghurt meningkatkan penyerapan kalsium dan vitamin B. Asam laktat dalam yoghurt membantu dalam pencernaan kalsium susu sehingga lebih mudah untuk diserap.
18. Meningkatkan kekebalan tubuh
Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 68 orang di mana mereka diharuskan mengonsumsi dua cangkir yoghurt/hari selama tiga bulan, terbukti dapat meningkatkan kekebalan interferon tubuh. Bakteri dalam yogurt dapat merangsang untuk melawan infeksi sel darah putih dalam aliran darah. Beberapa studi lain juga telah menunjukkan bahwa yoghurt mengandung faktor yang memiliki efek anti-tumor pada hewan percobaan.
19. Membantu penyembuhan setelah infeksi usus
Beberapa gangguan pencernaan virus dan alergi dapat melukai lapisan usus, terutama sel-sel yang memproduksi laktase sehingga menyebabkan malabsorbsi laktosa. Karena itulah, anak-anak sering tidak bisa minum susu 1 – 3 bulan setelah terkena infeksi usus.
Yogurt mengandung sedikit laktosa dan lebih banyak laktase sehingga mudah diterima oleh penderita infeksi usus dan baik untuk menyembuhkan diare. Buat mereka yang sedang mengonsumsi antibiotik, yogurt ternyata dapat meminimalisir efek antibiotik pada bakteri baik pada usus.
20. Dapat menurunkan infeksi jamur
Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa makan 8 ons yogurt yang mengandung bakteri hidup dan aktif setiap hari, akan mengurangi jumlah koloni ragi dalam vagina dan mengurangi kejadian infeksi jamur vagina.
21. Kaya kalsium
Delapan ons porsi yogurt menghasilkan sekitar 450mg kalsium, satu-setengah dari RDA anak dan 30 sampai 40 persen dari RDA dewasa untuk kalsium. Karena hidup-aktif,  bakteri dalam yoghurt meningkatkan penyerapan kalsium. 8 ons yogurt akan menyerap lebih banyak kalsium ke dalam tubuh daripada volume yang diberikan susu.
22. Sumber protein yang sangat baik
Plain yoghurt berisi sekitar 10 sampai 14 gram protein per 8 ons, yang berjumlah 20% dari kebutuhan protein harian bagi kebanyakan orang. Bahkan, 8 ons yogurt yang mengandung bakteri hidup dan aktif, mengandung 20% protein lebih banyak dari volume yang sama dari susu (10 gram : 8 gram).
23. Dapat menurunkan kolesterol
Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa yogurt dapat mengurangi kolesterol darah. Ini mungkin karena bakteri hidup dalam yogurt dapat mengasimilasi kolesterol atau karena yoghurt mengikat asam empedu, atau keduanya.
24. Yogurt adalah “makanan pertumbuhan”
Dua sifat gizi yoghurt (protein yang mudah dicerna dan fakta asam laktat meningkatkan penyerapan mineral) dapat membantu anak-anak dengan masalah perkembangan penyerapan usus. Dengan yogurt, orang-orang Bulgaria dapat hidup lebih sehat dengan jangka hidup lebih lama.
Berbagai manfaat yoghurt diatas dapat kita peroleh dengan mengonsumsi yoghurt secara rutin setiap hari. Terbukti bahwa yoghurt memiliki kandungan lemak yang rendah, sehingga aman bagi Anda yang sedang diet. Selain itu, gizi yang terkandung dalam yoghurt juga lebih tinggi daripada susu segar.
Makanan fermentasi susu atau yogurt biasanya telah memasukkan kultur bakteri baik yang disebut probiotik. Penelitian menunjukkan, probiotik bermanfaat bagi sistem pencernaan sekaligus mencegah dan mengatasi berbagai penyakit.
Serangkaian penelitian mengenai yogurt telah membuktikan makanan ini membantu melawan bakteri buruk dan meningkatkan kesehatan usus. Yogurt juga mampu memperpanjang usia usus, mengobati penyakit diabetes tipe-1 dan fibromyalgia.
Seperti dikutip dari laman Daily Mail, para ahli memanfaatkan yogurt untuk mencegah keropos gigi, sakit tenggorokan, semprotan hidung mengandung probiotik, serta deodoran untuk mencegah bau badan.
Dalam bukunya, 'Good Gut Bugs', Ahli gizi terkemuka Kathryn Marsden membeberkan manfaat yogurt bagi kesehatan. Berikut beberapa di antaranya.
Membantu pencernaan
Selama musim dingin atau musim hujan, dianjurkan mengasup lebih banyak probiotik hidup. Rutin mengonsumsi probiotik selama tiga bulan mampu mengurangi gejala penyakit akibat musim dingin. Nikmati ragam yogurt yang tersaji dalam beberapa bentuk seperti yogurt cair, kental, bubuk hingga kapsul.
Inilah 10 Manfaat Yogurt Untuk Tubuh
Sebelum Membeli
Sebelum Anda bergegas pergi ke pasar swalayan, perhatikan dulu ’rambu-rambu’ ini:
- Tidak semua yogurt memiliki khasiat yang sama. Hanya yogurt yang mengandung bakteri hidup yang memiliki manfaat besar. Beberapa jenis yogurt, seperti frozen yoghurt atau pasteurized yoghurt, tidak mengandung bakteri hidup dan nutrisi yang sama. Namun, sebuah penelitian di Amerika Serikat rnengatakan, sekalipun mati, bakteri Lactobacillus yang ada dalam yogurt tetap bermanfaat, yaitu dapat mengurangi peradangan. Tetapi, tetap saja, untuk mendapat khasiat yang optimal, dibutuhkan bakteri hidup. Karenanya, sebelum Anda membelinya, perhatikan label dalam ke-masannya
- Perhatikan pula tulisan pada label. Jika terdapat tulisan yoghurt strawberry, besar kemungkinan yogurt tersebut memang ditambahkan buah. Namun, kalau tertulis yogurt rasa strawberry, itu berarti hanya ditambahkan perasa. Bukan buah sungguhan
- Meski rasanya asam, yogurt tidak selalu rendah lemak. Kadar lemak yogurt tergantung pada bahan baku susu yang dipakai. Jika susu yang dipakai tinggi lemak, yogurt yang dihasilkan pun akan mengandung banyak lemak. Sebaliknya, kalau terbuat dari susu rendah lemak, yogurt pun ikut rendah lemak. Jadi, kalau Anda sedang menjalankan diet, pilihlah yogurt yang terbuat dari susu rendah lemak.
- Perhatikan tanggal kadaluarsa ketika membeli. Setelah itu simpan yogurt dalam kulkas yang bersuhu 4° - 6° C. Dalam keadaan tersebut yogurt dapat tahan hingga dua minggu tanpa banyak mengalami penurunan mutu. Jika disimpan di suhu ruang, gumpalan yogurt akan pecah dan cita rasanya menjadi lebih asam
- Yang tak kalah penting, Jangan berlebihan mengkonsumsinya. Cukup 250 - 400 ml setiap han. Bila dikonsumsi berlebihan, yogurt bisa menyebabkan kembung.



Thank You for Visiting SolusiFunny
Signed By
Photobucket


Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca tentang Manfaat Yoghurt dan anda bisa menemukan artikel Manfaat Yoghurt ini dengan url http://solusifunny.blogspot.com/2012/03/manfaat-yoghurt.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Manfaat Yoghurt ini sangat bermanfaat bagi Anda atau siapapun yang Anda kehendaki, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Manfaat Yoghurt sebagai sumbernya.

Artikel Yang Sejenis

Comments
0 Comments

0 komentar:


Silakan Komentar sepuasnya boleh kritik, saran, just kid, atau bad report, atau yang lainnya...

Tapi Ingat !!

Komentar tolong yang sopan dan tidak berbau SARA yach !

^_^

Posting Komentar