Jenis Penyakit Tanaman Semangka

Jenis penyakit yang menyerang tanaman semangka dan cara menangulanginya akan diterangkan berikut ini.



Layu Fusarium
Penyebabnya adalah lingkungan/situasi yang terlalu lembab. Gejala yang terjadi adalah timbul kebusukan pada tanaman yang tadinya lebat dan subur. Pengendalian dengan pergiliran masa tanam dan menjaga kondisi lingkungan, menanam pada areal baru yang belum ditanami, pemberian Natural GLIO sebelum atau pada saat tanam.

Bercak Daun
Bercak daun disebabkan oleh spora bibit penyakit terbawa angin dari tanaman lain yang terserang. Gejalanya permukaan daun terdapat bercak-bercak kuning dan selanjutnya menjadi coklat akhirnya mengering dan mati. Pengendaliannya sama dengan penyakit layu fusarium.

Antraknosa
Penyebabnya seperti penyakit layu fusarium. Gejalanya daun terlihat bercak-bercak coklat yang akhirnya berubah warna kemerahan dan akhirnya daun mati. Bila menyerang buah, tampak bulatan berwarna merah jambu yang lama kelamaan semakin meluas. Pengendaliannya seperti pengendalian penyakit layu fusarium.

Busuk Semai
Menyerang pada benih yang sedang disemaikan. Gejala: batang bibit berwarna coklat, merambat dan rebah kemudian mati. Pengendalian: pemberian Natural GLIO sebelum penyemaian di media semai.

Busuk Buah
Penyebab: jamur/bakteri patogen yang menginfeksi buah menjelang masak dan aktif setelah buah mulai dipetik. Pengendalian: hindari dan cegah terjadinya kerusakan kulit buah, baik selama pengangkutan maupun penyimpanan, pemetikan buah dilakukan pada waktu siang hari tidak berawan/hujan.


Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca tentang Jenis Penyakit Tanaman Semangka dan anda bisa menemukan artikel Jenis Penyakit Tanaman Semangka ini dengan url http://solusifunny.blogspot.com/2012/01/jenis-penyakit-tanaman-semangka.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Jenis Penyakit Tanaman Semangka ini sangat bermanfaat bagi Anda atau siapapun yang Anda kehendaki, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Jenis Penyakit Tanaman Semangka sebagai sumbernya.

Artikel Yang Sejenis

Comments
0 Comments

0 komentar:


Silakan Komentar sepuasnya boleh kritik, saran, just kid, atau bad report, atau yang lainnya...

Tapi Ingat !!

Komentar tolong yang sopan dan tidak berbau SARA yach !

^_^

Posting Komentar